Fungsi LEFT. RIGHT dan MID di Excel

Selamat satang di Aryan Pranata Blogger

Fungsi LEFT, MID, RIGHT di Microsoft Excel
Fungsi LEFT, MID, RIGHT merupakan fungsi string yang masuk dalam kategori fungsi TEXT. Fungsi string LEFT, MID, RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari suatu nilai cell yang berupa teks.

1. Fungsi LEFT

Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks yang dimulai dari karakter pertama atau karakter paling kiri sampai sejumlah karakter tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
Sebagai contoh, saya ingin mengambil 4 karakter pertama dari kata “Jago Excel”, maka teks baru yang saya hasilkan adalah kata “Jago”..
Perlu dicatat bawha fungsi LEFT akan mengambil karakter pertama dan selalu bergerak dari kiri ke kanan.
Syntax Fungsi LEFT
=LEFT(text,[num_chars])
text (wajib) adalah teks yang akan diambil sejumlah karakternya.
num_chars (opsional) adalah jumlah karakter yang ingin kita ambil. num_chars bisa diisi dengan kosong (mengambil karakter pertama), 2 (2 karakter pertama), 3 dan seterusnya atau 0 karakter.
Pada kasus saya akan mengambil 4 karakter pertama dari teks “Jago Excel” di cell A1, maka rumus LEFT pada cell B1 adalah sebagai berikut:
=LEFT(A1,4)
Output atau hasil dari rumus di B1 adalah kata “Jago” seperti pada gambar di bawah.

2. Fungsi RIGHT

Kebalikan dari fungsi LEFT, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks dari karakter terakhir sampai dengan sejumlah karakter tertentu yang diinginkan. Fungsi RIGHT akan mengambil karakter dari karakter terakhir dan bergerak dari kanan ke kiri.
Jadi, jika saya mengambil 5 karakter terakhir dari teks “Jago Excel”, maka hasil yang saya dapatkan adalah kata “Excel”
Syntax Fungsi RIGHT
=RIGHT(text,[num_chars])
text (wajib) adalah teks yang akan diambil sejumlah karakternya.
num_chars (opsional) adalah jumlah karakter yang ingin kita ambil. num_chars bisa diisi dengan kosong (mengambil karakter pertama), 2 (2 karakter pertama), 3 dan seterusnya atau 0 karakter.
Pada contoh kasus mengambil 5 karakter terakhir dari teks “Jago Excel” di cell A3, rumus fungsi RIGHT pada cell B3 adalah sebagai berikut:
=RIGHT(A3,5)
Output atau hasil dari rumus fungsi RIGHT di atas adalah kata “Excel” seperti pada gambar.

3. Fungsi MID

Berbeda dengan fungsi left dan right yang mengambil karakter dari karakter pertama atau terakhir suatu teks, fungsi MID mengambil sejumlah karakter dari karakter kesekian sampai dengan sejumlah karakter yang diinginkan. Fungsi MID bergerak dari kiri ke kanan sama dengan fungsi LEFT, hanya saja bukan dari karakter pertama.
Sebagai contoh, jika saya ingin mengambil karakter “Indo” dari kata “Indonesia”, saya akan mengambilnya dimulai dari karakter satu sejumlah empat karakter.
Syntax Fungsi MID
=MID(text,start_num,num_chars)
  • text (wajib) adalah teks yang akan diambil sejumlah karakternya.
  • start_num (wajib) adalah karakter kesekian yang akan menjadi karakter pertama yang diambil.
  • num_chars (wajib) adalah jumlah karakter yang ingin kita ambil.

Pada contoh kasus, mengambil karakter “Indo” pada kata “Indonesia” di cell A5, rumus MID di cell B5 adalah sebagai berikut:
=MID(A5,1,4)
Output dari rumus MID di atas adalah sebagai berikut.

Dan Hasilnya dari Fungsi LEFT, RIGHT dan MID sebagai berikut:



References: http://jagoexcel.com/fungsi-left-mid-right/

Selamat Mencoba, Semoga Sukses


Komentar