Email merupakan Media Komunikasi yang berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi, email sering digunakan oleh kita untuk mengirimkan pesan ke rekan kerja, teman, keluarga atau yang lain. Dalam mengirim email pasti mempunyai etika yang harus diperhatikan agar tidak terjadi salah paham antara si pengirim email dan penerima email. Nah di postingan berikut akan menceritakan etika mengirim email yang benar:
1.Perhatikan Siapa penerima email yang anda kirim?Teman atau Klien.
2.Tentukan tujuan menulis dari awal, agar tidak melantur.
3.Jika anda sedang marah maka tundalah untuk mengirim email, apalagi bila anda menulis balasan dari rekan atau klien yang membuat anda marah.
4.Perhatikan Penggunaan To, Carbon Copy, Blind Carbon Copy.
5.Perhatikan Penggunaan Subject, karena penggunaan subject merupakan cerminan dari isi email.
6.Hindari mengirim email jika anda tanpa menulis isi pesan, karena kesannya malas atau tidak professional.
7.Tidak perlu bertele-tele seperti membuat novel, namun jangan terlalu singkat seperti menulis pesan singkat, menulis email cukup langsung ke pokok masalahnya.
8.Hindari terlalu sering pemakaian Huruf Besar, karena pemakaian huruf besar diartikan sebagai menjerit.
9.Bila diperlukan pemakaian huruf ! cukup satu kali aja.
10.Menulis email memang baik jika menggunakan signature atau tanda tangan. tetapi sebagian orang mempunyai prifasi yang berbeda, contohnya anda tidak perlu mencatumkan nomor HP pribadi disetiap email untuk menghindari panggilan-panggilan tengah malam.
2.Tentukan tujuan menulis dari awal, agar tidak melantur.
3.Jika anda sedang marah maka tundalah untuk mengirim email, apalagi bila anda menulis balasan dari rekan atau klien yang membuat anda marah.
4.Perhatikan Penggunaan To, Carbon Copy, Blind Carbon Copy.
5.Perhatikan Penggunaan Subject, karena penggunaan subject merupakan cerminan dari isi email.
6.Hindari mengirim email jika anda tanpa menulis isi pesan, karena kesannya malas atau tidak professional.
7.Tidak perlu bertele-tele seperti membuat novel, namun jangan terlalu singkat seperti menulis pesan singkat, menulis email cukup langsung ke pokok masalahnya.
8.Hindari terlalu sering pemakaian Huruf Besar, karena pemakaian huruf besar diartikan sebagai menjerit.
9.Bila diperlukan pemakaian huruf ! cukup satu kali aja.
10.Menulis email memang baik jika menggunakan signature atau tanda tangan. tetapi sebagian orang mempunyai prifasi yang berbeda, contohnya anda tidak perlu mencatumkan nomor HP pribadi disetiap email untuk menghindari panggilan-panggilan tengah malam.
Komentar
Posting Komentar